PERENCANAAN JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH DI PERUMAHAN PT KINDAI LIMPUAR JAYA

Main Article Content

Shyfa Salsabila Yusuf

Abstract

Perumahan PT Kindai Limpuar Jaya merupakan salah satu perumahan yang ada di kota Balikpapan tepatnya terletak di Jalan Proklamasi (Jalan Poros Km.8 – TPA Manggar). Perumahan ini dibangun di atas lahan seluas 2,7 Ha dan menyediakan kavling sebanyak 182 unit. Pada saat ini perumahan PT Kindai Limpuar Jaya belum memiliki perencanaan jaringan pipa distribusi air bersih. Perencanaan ini bertujuan agar perumahan PT Kindai Limpuar Jaya memiliki perencanaan sistem jaringan pipa distribusi air bersih. Sistem perencanaan distribusi ini dimulai dengan menghitung kebutuhan air bersih di perumahan PT Kindai Limpuar Jaya, selanjutnya dilakukan perencanaan pipa distribusi air bersih di perumahan PT Kindai Limpuar Jaya dengan menggunakan aplikasi Epanet 2.2 serta menentukan anggaran biaya perencanaan sistem distribusi air bersih di perumahan PT Kindai Limpuar Jaya. Berdasarkan hasil  penelitian ini diperoleh kebutuhan air bersih perumahan PT Kindai Limpuar Jaya adalah 1,790 liter/detik. Jenis pipa yang digunakan dalam perencanaan adalah pipa jenis PVC dengan diameter 1” sepanjang 2.151 m dan diameter 2“ sepanjang 335 m. Biaya perencanaan pipa distribusi air bersih di perumahan PT Kindai Limpuar Jaya sebesar Rp277.008.301,00. Dan untuk biaya perencanaan pipa distribusi air bersih di perumahan PT Kindai Limpuar Jaya pada masing-masing rumah adalah Rp1.522.024,00.


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
S. S. Yusuf, “PERENCANAAN JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH DI PERUMAHAN PT KINDAI LIMPUAR JAYA ”, JUTATEKS, vol. 6, no. 1, pp. 82 - 93, Oct. 2021.
 Section
Articles
 Share This Link

References

[1] A M, Zulfan. (2006). “Perencanaan Embung Mriyan Di Kabupaten Boyolali.” Tugas Akhir. Semarang: Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Tidak Diterbitkan.
[2] Alamsyah, S. (2007). Merakit Sendiri Alat Penjernih Air untuk Rumah Tangga. Jakarta: Kawan Pustaka.
[3] Andana, D. (2015). “Studi Perencanaan Pengembangan Jaringan Pipa Distribusi Air Minum Pada Kecamatan Sukun Dengan Menggunakan Program Epanet v2.0.” Skripsi. Malang: Program Studi Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Tidak Diterbitkan.
[4] Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (2007). Perencanaan Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi Air Minum: Modul Proyeksi Kebutuhan Air dan Identifikasi Pola Fluktuasi Pemakaian Air. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.
[5] Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Perencanaan Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi Air Minum: Modul Reservoir. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.
[6] Badan Standarisasi Nasional (2011). SNI 7511:2011 Tata Cara Pemasangan Pipa Transmisi Dan Pipa Distribusi Serta Bangunan Pelintas Pipa. Badan Standardisasi Nasional.
[7] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya. (1996). Analisis Kebutuhan Air Bersih. Jakarta
[8] Joko, T. (2010). Unit Produksi dalam Sistem Penyediaan Air Minum. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Pratama, R. R. (2018). “Perencanaan Sistem Jaringan Distribusi Air Minum di Kecamantan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.” Tugas Akhir. Medan: Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Tidak Diterbitkan.
[10] Prayoga, T. (2019). “Perencanaan Jaringan Distribusi Air Bersih di Perumahan Kayana Regency Mojorejo Kota Batu.” Skripsi. Malang: Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang. Tidak Diterbitkan.
[11] Rossman, L. A. (2000). EPANET 2: Users Manual. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Ekamitra Engineering
[12] Triatmodjo, B. (1993). Hidrolika II. Yogyakarta: Beta Offset.
                     

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'