ANALISA VOLUME KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN DI RUAS JALAN PROJAKAL KM 5,5 KARIANGAU DENGAN METODE LHR TUGAS AKHIR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mengetahui jenis-jenis
kerusakan dan memberikan alternatif penanganannya .Hasil dari penelitian ini
mempunyai rekomendasi penanganan yaitu rekonstruksi dengan cara CRTB.
Dua metode yang bisa dipakai dalam rangka penilaian kondisi kerusakan
perkerasan jalan yaitu metode Bina Marga dan PCI. Penelitian ini
dilakukakan dengan cara melakukan survei visual, pengukuran kerusakan
permukaan perkerasan dan survei LHR (lalu lintas harian rata-rata) selama
satu hari pada ruas jalan tersebut. Setelah didapat data-data dari lapangan
maka selanjutnya dilakukan analisa metode Bina Marga. Metode Bina Marga
didapat nilai urutan prioritas (UP) = 2 (dimasukan dalam program
peningkatan jalan). Evaluasi kondisi kerusakan jalan sangat perlu dilakukan
untuk monitoring seberapa tingkat kerusakan yang terjadi pada suatu ruas
jalan. Hasil yang akan didapatakan sangat membantu dalam penyusunan
program rehabilitasi dan pengangaran penanganan jalan.
Downloads Statistics
Article Details
References
Direktorat Jenderal Bina Marga .1970 Peraturan Perencanaan Geometri kJalan raya.No. 13/1970. Jakarta: Departmen Pekerjaan Umum. 1980.
Undang-UndangNomor 13 Tahun 1980 Tentang Jalan. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta. 23 hlm.
Shahin, M.Y., Walther, J.A. 1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. US Army Corps of Engineer. New York. 282 pp.
Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia .2001 majalah Teknik Jalan dan Transportasi PT. Pola Aneka Sejahtera Jakartaa. No. 25/6/2001
Standar Nasional Indonesia. Geometrik Jalan Perkotaan 1994. Evaluasi Kondisi Jalan dan Pengembangan Prioritas penangananny. Jakarta Engineering Corps
MH.Koni, 2007. Tata cara penyusunan Program Pemeliharaan Kota Universitas Muhammadiyah Surakarta