Menghitung Rencana Anggaran Biaya Dan Penjadwalan Pada Proyek Pembangunan Rumah Tinggal 3 Lantai Di Kota Balikpapan

Main Article Content

Anang Kurnia Sandi

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan sebuah proyek konstruksi, terdapat proses perencanaan didalamnya, salah satunya adalah rencana anggaran biaya dan penjadwalan. Dengan menyusun rencana anggaran biaya, dapat memperkirakan biaya total yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek kontruksi.  Fungsi dari penjadwalan antara lain memperoleh gambaran mengenai kemampuan potensial dari suatu proyek, menganalisa biaya proyek, mengalokasikan sumber daya manusia dan material secara efektif dan efisien serta mengatur batas pekerjaan proyek agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan serta mengetahui jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.


Tugas akhir dengan judul menghitung rencana anggaran biaya dan penjadwalan pada proyek pembangunan rumah tinggal 3 lantai di Kota Balikpapan ini menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan SNI 2020 serta harga upah dan bahan menggunakan data yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan tahun 2020.


Dari hasil perencanaan anggaran biaya yang ada maka untuk pembangunan rumah tinggal 3 lantai di Kota Balikpapan menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan SNI 2020 serta harga upah dan bahan Kota Balikpapan adalah sebesar Rp. 1,005,765,000 “Satu Milyar Lima Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Lima Ribu Rupiah”. Dengan perencanaan penjadwalan selama 24 minggu menggunakan metode kurva S dengan 19 tenaga kerja yang terdiri dari 10 pekerja, 7 tukang, 1 kepala tukang dan 1 mandor.


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
A. Kurnia Sandi, “Menghitung Rencana Anggaran Biaya Dan Penjadwalan Pada Proyek Pembangunan Rumah Tinggal 3 Lantai Di Kota Balikpapan”, JUTATEKS, vol. 6, no. 1, pp. 49 - 56, Oct. 2021.
 Section
Articles
 Share This Link

References

[1] Anonim. 2016. “Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum”. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
[2] Anonim. 2020. “Harga Bahan dan Upah”. Balikpapan: Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan.
[3] Ansya, T. A. 2020. “Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Pada Proyek Pembangunan Masjid Budi Luhur Klandasan Kota Balikpapan”. Balikpapan: Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Balikpapan.
[4] Fadhilah, I. F. “Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Pembangunan Ruko 3 Lantai di Balikpapan”.
[5] Ibrahim, H. B. 1993. “Rencana dan Estimate Real of Cost”. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
[6] Idris, M. K. 2019. “Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Proyek Pembangunan Masjid Al-Muhadis Politeknik Negeri Balikpapan”. Balikpapan: Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Balikpapan.
[7] Mukomono, I. J. 1985. “Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan”. Jakarta: Penerbit Gaya Media Pratama.
[8] Soedradjat. 1984. “Analisa (Cara Modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan”. Bandung: Penerbit Nova.
[9] Sunarno. 2016. “Buku Ajar Estimasi Biaya Kontruksi”. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.
[10] Suryanto, J. 2012. “Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Gedung Kantor 4 Lantai”. Balikpapan: Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan.
[11] Widiasanti, Lenggogeni. 2013. “Manajemen Kontruksi”. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.