SISTEM INSTALASI ELEKTRIKAL PADA BANGUNAN RUKO 3 LANTAI DI BALIKPAPAN TUGAS AKHIR

Main Article Content

APRINDA BUDI UTAMI

Abstract

Bangunan suatu gedung terdiri dari tiga komponen penting yaitu struktur, arsitek dan utilitas atau yang dikenal juga dengan istilah ME (mekanikal dan elektrikal) di gedung. Ketiganya satu sama lain saling terkait. Jika struktur mengedepankan kekuatan, arsitek lebih menekankan pada keindahan, maka ME (mekanikal dan elektrikal) lebih mengedepankan pada fungsi. Sistem elektrikal merupakan suatu rangkaian peralatan penyediaan daya listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik tegangan rendah. Persyaratan umum instalasi listrik mempunyai maksud dan tujuan adalah untuk terselenggaranya dengan baik instalasi elektrikal. Pada penelitian ini dilakukan perencanaan sistem instalasi elektrikal pada ruko tiga lantai di Jalan Balikpapan Baru II. Perencanaan terdiri atas pengumpulan data, analisis bahan elektrikal dan perhitungan rencana anggaran biaya. Kebutuhan daya listrik yang terdiri dari penerangan dan elektrikal per lantai mendapatkan hasil dari perhitungan kebutuhan daya dan kebutuhan penerangan sebagai berikut, untuk lantai satu sebesar 416 Watt, lantai dua sebesar 2974 Watt dan lantai tiga sebesar 2371 Watt. Kebutuhan biaya yang diperlukan untuk pemasangan sistem elektrikal mendapatkan hasil sebesar Rp 16.742.268,- untuk keseluruhan sistem instalasi elektrikal ruko.

Kata kunci: Mekanikal dan Elektrikal, Daya Listrik, Instalasi Elektrikal


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
APRINDA BUDI UTAMI, “SISTEM INSTALASI ELEKTRIKAL PADA BANGUNAN RUKO 3 LANTAI DI BALIKPAPAN ”, JUTATEKS, vol. 1, no. 1, pp. 31-34, Jul. 2019.
 Section
Articles

References

Grandjean, E., K. Kogi., 1972, Introductory Remarks, Kyoto Symposium on Methodology of Fatique Assesment, Industrial Fatique Research cominitee of the Japan Assesment of Industry Health, Japan.
Anonim., 2002, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri.
Anonim., 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik., 2000, (PUIL 2000). Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Prabhakara, F.S., 1987, Industrial and Commercial Power System Handbook.
Anonim., 2017, Standar Harga Satuan Pokok Pekerjaan (HSPK) Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan, Balikpapan.
Anonim., 2000, SNI 03-6197-2000, Konservasi Energi Sistem Pencahayaan Pada Bangunan Gedung. Jakarta : Badan Standardisasi Nasional Indonesia, 2000.