TA ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE LHR BINA MARGA (STUDI KASUS RUAS JALAN AMD PROJAKAL KARIANGAU, KOTA BALIKPAPAN) TUGAS AKHIR

Main Article Content

Fadillah Eka Putra fadil

Abstract

AMD Projakal Kariangau Balikpapan merupakan jalan Kabupaten yang menghubungkan antar kota Balikpapan-Penajam dan pelabuhan Kariangau. Menurut fungsinya, jalan AMD Projakal Balikpapan termasuk dalam jalan kolektor primer yang dimana jalan tersebut dikembangkan untuk melayani dan menghubungkan kota-kota antar pusat kegiatan wilayah atau pelabuhan regional dan pelabuhan lokal. Oleh sebab itu dibutuhkan penelitian untuk mengetahui kondisi lalu-lintas jalan dan urutan prioritas pada perbaikan atau pemeliharaanya.
Metode penelitian yang dilakukan mengacu pada metode LHR Bina Marga, dengan tujuan untuk menganalisis perbaikan atau perawatan jalan. Pada penelitian ini dilakukan survei lalu-lintas sebanyak 14 kali dalam 7 hari pada jam tertentu yaitu, pagi dan sore hari. Survei visual kondisi keruskan jalan di lakukan sepanjang 1km dengan membagi 5 segmen dengan masing-masing segmen sepanjang 200 m dan mengelompokkan sesuai jenis kerusakan.
Hasil penelitian pada ruas Jalan AMD Projakal Kariangau Balikpapan menunjukkan hasil survei LHR adalah 2,131 smp/hari yang menandakan bahwa kondisi lalu-lintas cukup ramai, dan kerusakan yang paling dominan adalah jenis lubang (butiran lepas) dan retak (memanjang dan melintang) dengan luas sebesar 4,75 m² untuk butiran lepas dan 2,85 m² untuk retak (memanjang dan melintang). Nilai kondisi jalan yang diperoleh menunjukkan nilai > 7 yang berarti kondisi jalan rusak sedang dengan jenis pemeliharaan rutin.


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
F. E. P. fadil, “TA ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE LHR BINA MARGA (STUDI KASUS RUAS JALAN AMD PROJAKAL KARIANGAU, KOTA BALIKPAPAN)”, JUTATEKS, vol. 3, no. 1, pp. 66 - 74, Aug. 2019.
 Section
Articles

References

[1] Direktorat Jenderal Bina Marga, (1970), Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta (1980). Departmen Pekerjaan Umum.
[2] Direktorat Jendral Bina Marga, No : 03/MN/B/1983. Manual Pemeliharaan Jalan
[3] Handoyo, Hermawan Adi. (2016). Analisa Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga.
[4] Sari, Ratna Mayang (2018). Evaluasi Kerusakan Jalan Soekarno Hatta STA 0+00 – 2+000 Balikpapan. Metode Bina Marga, Vol. 2, No. 1, 76-80
[5] Shahin, M.Y. (1996). Pavement for Airports, Roads, Parking Lots, Chapman and Hall, Dept. BC., New York.
[6] Sukirman, Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.
[7] .Arenta, Maykel-(Survei Lalu Lintas).
https://www.academia.edu/19633148/Survei_lalu_lintas
[8] (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38, Tentang Jalan.