TA Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan Pembangunan Ruang Kelas Baru 3 Lantai MI Al-Irsyad 001 di Balikpapan Tugas Akhir

Main Article Content

Dinda Ayu Syaputri

Abstract

Perencanaan biaya dan waktu sangat diperlukan dalam pelaksanaan proyek, pengelolaan anggaran biaya untuk membantu pekerjaan serta perencanaan waktu agar tidak terjadi keterlambatan pembangunan proyek, hal itu dapat membantu mengendalikan jalannya proyek agar mencapai hasil yang
diharapkan dengan sumberdaya yang tersedia.
Jaringan kerja digunakan untuk menentukan hubungan antara kegiatan dan waktu yang diperlukan pada perencanaan proyek. Maka, pada tugas akhir ini penulis menggunakan metode Kurva S. Metode Kurva S merupakan analisis jaringan kerja yang berusaha mengoptimalkan biaya melalui pengurangan dan percepatan waktu penyelesaian proyek. Metode Kurva S dapat memberikan informasi mengenai kemajuan proyek dengan membandingkannya terhadap jadwal rencana, dari sinilah dapat diketahui apakah ada keterlambatan atau percepatan dalam penyelesaian dan pelaksanaan proyek lebih singkat dan ekonomis. Dengan metode Kurva S, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai tahap suatu proyek dan sumber daya yang digunakan dianggap diketahui dengan pasti.
Proyek yang menjadi objek penelitian penulis adalah proyek pembangunan ruang kelas baru 3 lantai MI Al-Irsyad 001 yang berlokasi pada jalan Kutilang Raya. Setelah melakukan perhitungan RAB dan penjadwalan, dapat disimpulkan rencana anggaran biaya yang diperlukan untuk membangun ruang kelas 3 lantai adalah sebesar Rp. 1.813.960.000, serta waktu yang diperlukan untuk membangun ruang kelas 3 lantai tersebut adalah 157 hari kerja.


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
D. A. Syaputri, “TA Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan Pembangunan Ruang Kelas Baru 3 Lantai MI Al-Irsyad 001 di Balikpapan”, JUTATEKS, vol. 3, no. 1, pp. 1-9, Jul. 2019.
 Section
Articles

References

[1] Herjanto, Eddy. (2007). Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.
[2] Heizer, J. d. (2006). Operations Management Buku2 Edisi ke tujuh. Salemba Empat.
[3] Ibrahim, H.Bachtiar. (1993). Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Aksara.