TUGAS AKHIR EVALUASI KERUSAKAN JALAN SOEKARNO HATTA STA 0+000 – 2+000 BALIKPAPAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA

Main Article Content

RATNA MAYANG SARI

Abstract

Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan merupakan jalan Nasional yang
menghubungkan antara kota Samarinda-Balikpapan dan Pelabuhan Peti Kemas
Kariangau. Menurut fungsinya, jalan Soekarno-Hatta Balikpapan termasuk dalam
jalan Arteri Primer yakni jalan yang menghubungkan secara efisien antar pusat
kegiatan nasional atau antara pusat kegiatan nasional dengan pusat kegiatan
wilayah. Banyaknya truk besar bermuatan lebih dari 10 ton yang melintas pada
poros jalan ini mengkibatkan banyaknya sebagian segmen jalan Soekarno Hatta
rusak jauh lebih cepat dari umur yang telah direncanakan, oleh sebab itu
dibutuhkan penelitian untuk mengetahui kondisi permukaan jalan dan urutan
prioritas pada perbaikannya.
Metode penelitian yang dilakukan mengacu pada metode Bina Marga,
Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota dengan tujuan untuk
menganalisis jenis dan tingkat kerusakan jalan. Pada penelitian ini dilakukan
survey lalu lintas pada waktu tertentu, pagi, siang dan sore, dan dilakukan survey
kondisi kerusakan jalan pada STA 0+000 – 2+000 dengan masing-masing
membagi segmen sebesar 100 m dan mengelompokkan sesuai jenis kerusakan.
Hasil penelitian pada ruas jalan Soekarno-Hatta Balikpapan menunjukkan
bahwa kerusakan yang paling banyak terjadi adalah jenis kerusakan lubang dan
tambalan dengan presentase sebesar 32,89 %. Nilai kondisi jalan yang diperoleh
menunjukkan nilai 6 pada sisi kanan dan 5 pada sisi kiri jalan, yang berarti
kondisi jalan dalam keadaan rusak sedang dan urutan prioritas menunjukkan nilai
4 pada sisi kanan dan 5 pada sisi kiri jalan, dengan jenis pemeliharaan berkala.


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
R. M. SARI, “TUGAS AKHIR”, JUTATEKS, vol. 2, no. 1, pp. 76 - 80, Jul. 2019.
 Section
Articles