Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada PT. Kutai Refinery Nusantara

Main Article Content

Jesica Santoso
Candra Irawan
Wahyu Yusuf Rio

Abstract

Pada tahun 2021 PT. Kutai Refinery Nusantara sedang melaksanakan proyek pembangunan pembangkit listrik sebagai cadangan sumber tenaga listrik pada perusahaan tersebut. Proyek pembangunan tersebut memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi seperti jatuh dari ketinggian dan juga near miss, maka perlu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja.


Kegiatan proyek yang di teliti adalah proyek pembangunan pembangkit listrik di PT. Kutai Refinery Nusantara. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan sebanyak 19 soal dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Pada hasil analisa variabel X menunjukan angka 3,4 yang berarti sangat tinggi, dan pada variabel Y menujukan angka 3,3 yang berarti sangat tinggi yang kemudian dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja telah diterapkan oleh perusahaan dan pekerja dengan baik


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
J. Santoso, C. Irawan, and W. Yusuf Rio, “Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada PT. Kutai Refinery Nusantara”, JUTATEKS, vol. 5, no. 1, pp. 37-45, Oct. 2021.
 Section
Articles
 Share This Link

References

[1] Eko Hertanto. (2016) Sampel Uji Coba Instrumen Penelitian (Metodologi Penelitian). Yogyakarta.
[2] Haryanto, Sony (2013) Pengaruh Sistem Manajemen K3 Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt “Xx”. Malang: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik.
[3] Martono, N. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. RajaGrafindo persada.
[4] Peraturan Pemerintah (UU Ketenagakerjaan) Nomor 50 (2012), tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta.
[5] Rahardjo, M. (2011) Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
[6] Rasyad, R. Metode Statistik Deskriptif Untuk Umum. Grafindo.
[7] Sugiyono, F. X. (2017). Instrumen Pengendalian Moneter: Operasi Pasar Terbuka (Vol. 10). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia