ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA KAWASAN PERKANTORAN RUHUI RAHAYU I KECAMATAN BALIKPAPAN SELATAN

Main Article Content

Annas Eltrisia Ma'Ruf
Mohamad Isram
Ali Arifin

Abstract

Kegiatan transportasi diperlukan manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang untuk memenuhi kebutuhan, oleh karena itu manusia tidak mampu lepas dari aktivitas ini karena pemenuhan keinginan manusia tidak bisa didapatkan dari satu tempat saja. Maka dari itu gedung perkantoran yang berada di kawasan Jalan Ruhui Rahayu I Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan mempunyai pengaruh yang besar terhadap banyaknya tarikan perjalanan sehingga perlu dicari model tarikan perjalanan yang ditimbulkan oleh banyaknya bangunan perkantoran di kawasan tersebut. Besarnya tarikan perjalanan menuju pusat perkantoran tersebut dapat diketahui, dengan membuat model tarikan perjalanan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan dan mendapatkan model tarikan perjalanan.


Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada karyawan perkantoran, sedangkan data sekunder diperoleh dari survei kendaraan, Metode untuk menganalisis model tarikan perjalanan dalam penelitian ini adalah metode analisa regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS.


Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan ke kawasan perkantoran di Kecamatan Balikpapan Selatan diantaranya jumlah pendapatan (X1). Model tarikan yang didapatkan dari hasil analisa adalah Y = 88,885 – 3,980 (X7) – 4,580 (X2) – 2,946 (X3) – 2,867 (X4) + 1,973 (X1) + 4,078 (X5) – 2,267 (X6)


 Downloads Statistics

Download data is not yet available.

Article Details

 How to Cite
[1]
A. Eltrisia Ma’Ruf, M. Isram, and A. Arifin, “ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA KAWASAN PERKANTORAN RUHUI RAHAYU I KECAMATAN BALIKPAPAN SELATAN”, JUTATEKS, vol. 5, no. 1, pp. 25-36, Oct. 2021.
 Section
Articles
 Share This Link

References

[1] Abbas, Salim. 2000. “Manajemen Transportasi”. Cetakan Pertama. Edisi Kedua.Jakarta: Ghalia Indonesia.
[2] Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate”. Semarang: Universitas Diponegoro.
[3] Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[4] Koestoer, Raldi Hendro. 2001. “Perspektif Lingkungan Desa Kota: Teori dan Kasus”. Jakarta: UI. Press.
[5] Miro. F. 2005. “Perencanaan Transportasi”. Jakarta: Erlangga.
[6] Nasution. 2004. “Manajemen Transportasi”. Jakarta: Ghalia Indonesia
[7] Nasution, H.M.N., 1996. “Manajemen Transportasi, Yudhistira Ghalia Indonesia”. Yogyakarta.
[8] Ofyar Z Tamin. 2000 “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”. ITB, Bandung.
[9] Sugiyono. 2008. “Metode penelitian Bisnis”, Bandung: Alfabet
[10] Sugiyono, dan Susanto. 2015. “Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitan”. Bandung: Alfabeta